Latihan Soal HOTS Geografi Bab Karya Tulis Geografi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Oke teman-teman sekalian yang sedang harap-harap cemas untuk menghadapi Ujian di sekolah, kali ini saya coba bagikan contoh latihan soal geografi tipe HOTS bab karya tulis geografi. Mengapa soal HOTS, karena memang soal tipe ini sekarang lagi ngetrend dan siswa harus memahaminya. Kuncinya adalah banyak berlatih, berlatih dan berlatih. Soal tipe HOTS geografi adalah soal yang memiliki tahapan-tahapan untuk menemukan jawabannya. Coba lihat contoh soal HOTS geografi di bawah ini:
Latihan Soal HOTS Geografi
1. Seorang siswa melakukan penelitian geografi. Judul penelitiannya adalah "Pengaruh Tekanan dan Curah Hujan Terhadap Perubahan Suhu Udara". Dari judul penelitian yang dibuat siswa tersebut, yang menjadi varibel terikat adalah ....

a. tekanan udara
b. curah hujan
c. perubahan suhu udara
d. angin
e. sinar matahari

Gimana sudah tahu jawabannya?. Jawaban yang tepat adalah C. Kita bahas ya kuncinya.
Jadi dalam sebuah penelitian itu kan kamu akan membuat judul penelitian. Ada istilah varibel terikat dan variabel bebas. Dalam soal diatas, fokus pada judul dan lihat komponen apa yang ada di judul. Jadi jelas jangan pilih angin dan matahari karena gak ada di judul.

Variabel terikat artinya suatu komponen yang pasti dipengaruhi oleh faktor lain. Jelas bahwa varibel terikat di judul diatas adalah Perubahan Suhu Udara. Perubahan suhu udara itu terikat oleh beberapa faktor seperti tekanan curah hujan. Coba saya ganti judulnya menjadi begini.
"Pengaruh kemiskinan dan angka perceraian terhadap minta menjadi TKI di Desa Cibungul"

Manakah varibel terikatnya?. Bisa kan menjawabnya?.
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal HOTS Geografi Bab Karya Tulis Geografi"

Posting Komentar