Contoh Soal HOTS Geografi Vulkanisme

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Selamat pagi teman-teman, kali ini saya coba lagi berikan contoh latihan soal HOTS geografi materi vulkanisme. Untuk mengerjakan soal tipe hots ini kamu harus sering berlatih mengerjakannya supaya familiar sehingga saat nanti UN kamu gak shock melihat soalnya. Soal hots ini memerlukan daya baca yang baik makanya jangan malas membaca.

1. Perhatikan kalimat di bawah ini!
"Vulkanisme tidak selalu berarti letusan gunung api".
Pernyataan yang paling tepat untuk menanggapi kalimat diatas adalah ....
a. Isi kalimat tersebut benar, karena vulkanisme tidak selalu berupa peristiwa letusan gunung api tapi dapat berupa gempa vulkanik.
b. Isi kalimat tersebut benar, karena vulkanisme dapat berupa letusan gunung api maupun peristiwa penerobosan magma di lapisan kerak bumi.
c. Isi kalimat tersebut benar hanya saja harus ditambahkan bahwa vulkanisme dapat terjadi di darat dan di lautan, dimana letusan gunung api laut kadang tidak disadari sebagai fenomena letusan.
d. Isi kalimat tersebut salah karena vulkanisme selalu berkaitan dengan peristiwa erupsi.
e. Isi kalimat tersebut salah karena vulkanisme identik dengan peristiwa letusan dahsyat gunung api.
 kali ini saya coba lagi berikan contoh latihan soal HOTS geografi materi vulkanisme Contoh Soal HOTS Geografi Vulkanisme
Peristiwa vulkanisme di bumi
Jawaban yang paling tepat adalah B. Mengapa B? Kita cek penjelasannya di bawah.
Vulkanisme adalah sebuah fenomena kegiatan yang berkaitan dengan penerobosan magma dari dalam bumi ke luar permukaan bumi. Magma yang menerbos lapisan kerak bumi tapi tidak mencapai permukaan disebut intrusi magma sementara yang berhasil mencapai permukaan bumi disebut ekstrusi (familiar dengan letusan gunung api).

Jadi gejala vulkanisme itu adalah segala hal terkait penerobosan magma ke kulit bumi baik itu yang tidak sampai mampun sampai ke permukaan. Jadi vulkanisme tidak selalu harus berujung gunung api yang menjulang tinggi. Beberapa fenomena lain seperi batolith, lacolith, sill, dyke adalah contoh dari hasil intrusi magma. Jadi pengertian vulkanisme itu luas juga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman lain.
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal HOTS Geografi Vulkanisme"

Posting Komentar